NIM : 1801432255
Kelas : LH21
SEMESTER 2

Monday, June 1, 2015

Character Building: Pancasila

hari: Rabu, 27 Mei 2015
pukul: 15.00 - 17.00

Pada Rabu ini sedikit berbeda. Saya berangkat dari rumah untuk meunaikan tugas saya kepada TFI (Teach for Indonesia) untuk memberikan pengajaran kepada murid di kampus anggrek. Hari ini saya tidak ada kelas, karna semua mata kuliah yang ada di Rabu ini dinyatakan kelas GSLC atau belajar dirumah. Sesampai nya saya di kampus anggrek saya langsung menuju ke atas dan menghampiri anak murid yang akan saya ajar. Dan ternyata, murid yang biasa saya ajar yaitu Daffa hari ini sedang tidak masuk. Saya mendapatkan informasi tersebut dari teman Daffa yang hadir pada saat itu. Kemudian saya menyampaikan kepada kaka pebimbing dan mereka menyuruh saya untuk memilih dan mengambil anak murid lain yang mau saya ajar. Saya mendapatkan anak yang terlihat diam untuk saya ajar hari ini, dan kemudian kami langsung menuju kelas pengajaran. Sedikit biodata tentang anak yang saya ajari hari ini

nama: Amanda Julia
sekolah: SDN Kemanggisan 12 pagi
kelas: 5 SD 

Nama panggilannya adalah Manda, ternyata dibalik mukanya yang diam ini ia juga lucu. Pelajaran yang saya sampaikan hari ini kepada Manda adalah pelajaran IPA. Pelajaran tersebut di pilih langsung oleh Manda, karna ia memiliki pr yang harus ia kumpulkan pada keesokan hari nya. Manda langsung mengabil LKS IPA yang ada ditas nya dan mengeluarkan alat tulis juga. Soal yang harus ia kerjakan berbentuk pilihan(a,b,c,d). Satu persatu soal kami bahas, dan saya memberikan sedikit demi sedikit pembahasan tentang beberapa soal yang memang ia belum faham. Ia sangat cepat untuk mengerti dan memahami materi. Saya dan Manda membahas tentang materi fenomena alam yang terjadi, seperti bencana banjir, gempa, dan lainnya. Dan kami juga sempat melihat gambar peta yang ada dibuku IPS nya untuk menunjukan dimana beberapa bencana tersebut terjadi. Ini adalah foto saat saya menerangkan kepada Manda tentang lokasi daerah keberadaan gunung merapi di Indonesia,


Dalam pembahasan  kali ini, karna kami sedang mempelajari tentang pelajarn IPA akhir nya kami pun secara tidak sengaja belajar tentang suku-suku yang berada di Indonesia, dan kami berbincang tentang perbedaan yang ada dalam setiap orang yang berbeda asal-usul/daerah nya. Seperti Manda, ia memiliki keturunan jawa(Jogja), dana saya keturunun jakarta(Betawi). Dan ia juga bercerita tentang teman-teman disekolahnya yang ternyata juga ada dan datang dari pulau-pulau lain, seperti Sumatra, Kalimantan, dan lainnya. Meskipun Manda dan teman-temannya tidak berasal dari daerah yang sama ia tetap bermain bersama, tanpa membedakan asal-usul yang disetiap mereka miliki. Dan Manda mengatakan ia paling suka dengan cara berbicara teman sekolahnya yang berasal dari Batak, bahasa yang temannya pakai masih kental dengan budaya batak.

Perbincangan saya dan Manda pun semakin seru, tetapi waktu sudah menunjukan pukul 5 sore, yang diartikan bahwa pengjaranpun selesai. Saya mengantarkan Manda menuju pengumpulan kelas. Dan dalam penghujung pertemuan saya sedikit bertanya kepada Manda tentang kesan pesan yang ia rasakan dalam pengajaran oleh TFI ini, dan ia menuliskan seperti itu


Nilai pancasila yang dapat saya ambil pada hari Rabu ini, terutama dari Manda adalah
"Kemanusiaan yang Adil dan Beradab"
yaitu,
"Tak membeda-bedakan manusia berdasarkan suku, agama, warna kulit, tingkat ekonomi, ataupun tingkat pendidikan"
yang dimaksudkan,
"Manda bermain dan bergaul dengan teman-temannya yang juga berbeda suku tanpa memilih-memilih, dan juga menghargai kebudayaan yang ada dalam daerah/suku tersebut"

Sekian untuk pertemuan keempat(terakhir) ini




No comments:

Post a Comment